Yuk, Kenali Bangunan-Bangunan Bersejarah di Indonesia

gedung sate

Setiap kemerdekaan yang didapatkan suatu negara pasti selalu meninggalkan sejarah atas apapun yang terjadi. Tak terkecuali Indonesia yang memiliki banyak sekali peristiwa yang bersejarah. Setiap peristiwa sejarah pasti selalu bertempatkan disuatu lokasi yang menjadikan tempat tersebut menjadi bersejarah. Sebagai warga Indonesia yang sudah merasakan kemerdekaan, kita pasti ingin tahu sejarah apa saja yang sudah terjadi dan untuk mengetahuinya, yuk kita kenali bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Indonesia.

Dengan mendatangi bangunan-bangunan bersejarah di indonesia, sama saja kita seperti melakukan wisata religi. Karena selain kita bisa melihat-lihat bangunan bersejarah tersebut kita juga bisa mengetahui cerita dan tokoh bersejarah yang sangat bermanfaat untuk wawasan kita. Beberapa bangunan sejarah di Indonesia yang populer diantaraya:

  1. Benteng Vredeburg

Gedung yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini, awalnya didirikan oleh belanda bertujuan untuk mengawai dan mengontrol setiap kejadian yang ada di sekitar kraton. Namun belakangan gedung ini sudah dijadikan sebuah museum umum. Bagi kalian ingin mengetahui sejarah tentang kesultanan Yogyakarta dan Belanda bisa lansung mengujungi museum ini. Gedung museum ini bertempatkan persis di depan gedung Agung dan Kraton Kesultanan Yogyakarta.

 

  1. Gedung Sate

Terletak di jawa barat lebih tepatnya di Kota Bandung. Gedung ini adalah hasil karya terbesar dari sebuah tim arsitek yang berasal dari Belanda. Pada masa hindia-belanda Gedung sate ini disebut Government Bedrijven(GB). Gedung yang memiliki ciri khas seperti tusukan sate ini, sampai sekarang masih digunakan sebagai pusat pemerintahan kota Bandung.

 

  1. Lawang sewu

Gedung yang terdiri 1000 pintu ini terletak di Kota Semarang dan didirikan pada tahun 1904. Awal mula lawang sewu dikenal dengan nama Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. Semula kegiatan perkantoran NIS dilakukan di Stasiun Semarang. Hingga pada akhrinya stasiun Semarang sudah tidak memadai lagi untuk menampung banyak karyawan. Akhirnya dibangun lah gedung lawang sewu yang dijadikan sebagai kantot pusat NIS. Belakangan bangunan tersebut sudah mengalami tahap reviltalisasi dan konservatif dari pihak PT. Kereta Api Persero.

 

  1. Gedoeng Joeang 45

Salah satu gedung peninggalan belanda yang terletak di Tambun, Kab. Bekasi ini menjadi saksi bisa atas perjuangan warga Bekasi atas penjajahan kolonial Belanda. Tepat pada tahun 1910 gedung ini didirikan oleh orang belanda yang mempekerjakan warga bekasi. Gedung ini pun jadi tempat pasukan khusus untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

itulah tadi beberapa pemabahasan mengenai bangunan-bangunan sejarah yang bisa dijadikan wisata religi, yang bisa menjadikan pribadi kita lebih mengenal perjuangan para pejuang kemerdekaan dari tempat-tempat bersejarh tersebut.

 

Leave a Reply