Tips Menjalani Usaha Sarang Walet Agar Sukses dan Berhasil

Siapa sih yang tidak menginginkan sebuah usaha dengan keuntungan besar? Sebab itulah banyak yang memilih usaha sarang walet sebagai sumber penghasilan utama maupun sambilan sekalipun bisnis yang satu ini memerlukan dana yang cukup besar dan tidak bisa balik modal dalam waktu singkat.  Namun, dalam berbisnis, tentunya hal yang paling ditakuti adalah merugi. Apalagi dalam usaha sarang walet. Kerugian yang diderita bila sampai prosesnya tidak berjalan lancar tidak main-main. Karenanya, perlu kecermatan tinggi dalam menjalankannya guna menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan.

Berikut ini merupakan tips agar usaha sarang walet dapat sukses :

1.Kandang yang tepat. Sebagaimana yang diketahui secara luas bahwa walet merupakan binatang yang cukup rewel akan lingkungan sekitarnya, maka ada syarat-syarat kandang yang perlu dipenuhi agar kualitas sarang walet tidak mengecewakan.
-Minimal 1000 meter di atas permukaan laut dan dekat sumber air.
-Jauh dari kebisingan dan gangguan, baik manusia maupun sesama binatang, terutama predator yang suka memangsa telur walet.
-Temperatur harus stabil antara 24-25 derajat Celcius.
-Kelembapan udara berkisar antara 80-90%.
-Kandang harus gelap dan rapat agar walet mau menempati.
-Jarak langit-langit dengan lantai harus cukup tinggi.
-Di bagian plafon harus dilapisi kayu tempat walet membuat sarangnya nanti.
-Lubang keluar masuk burung berlawanan dengan arah matahari, yaitu menghadap barat.

2.Pembibitan burung.
•Alami di mana walet dibiarkan datang sendiri menghampiri kandang dan menghuninya.
•Campur tangan manusia yaitu pemilik membeli bibit walet dan mengembangbiakannya dari kecil hingga cukup dewasa untuk menghuni kandang.

usaha sarang walet3.Perawatan
Pemilik harus paham benar bagaimana cara merawat walet dengan baik. Salah satunya dengan menyediakan kolam air yang menyuplai kebutuhan air bagi walet sepanjang waktu. Air memang merupakan salah satu aspek penting dalam kelangsungan hidup walet. Selain itu, untuk membantu walet mendapatkan makanannya yang berupa serangga, pemilik dapat meletakkan buah-buahan busuk tak jauh dari lokasi kandang. Dan juga, kotoran walet yang biasanya berserakan di lantai harus sering dibersihkan.

4.Panen
Teknik serta waktu panen pun harus diperhitungkan secara tepat. Bila salah menerapkan cara panen, pemilik dapat merugi akibat kondisi sarang yang berantakan. Sedangkan bila sampai memanen sarang sebelum waktunya, sarang walet yang dihasilkan pun akan sangat buruk, bahkan mungkin cepat membusuk dan justru tidak laku.
Faktor lain yang paling utama dari hal-hal di atas adalah kesabaran, keteguhan serta ketekunan dalam menjalani usaha sarang walet agar menjadi distributor sarang walet. Dalam bisnis, untung dan rugi merupakan hal yang biasa. Tetapi selama tidak langsung menyerah ketika mengalami kegagalan, maka kesuksesan besar pasti menanti di baliknya.

Leave a Reply