Tips Aman Menggunakan Taksi Online

cara-daftar-gocar

Menjamurnya taksi online membuat calon penumpang hampir kebingungan memilih driver mana yang harus diambil. Bahkan anda pun -jika berminat- bisa daftar gocar secara online. Kemudahan yang ditawarkan aplikasi online membuat penumpang tidak begitu memperhatikan kondisi disekitarnya. Alangkah baiknya jika menggunakan teknologi secara bijak salah satunya dengan memperhatikan keamanan dari penumpang, karena mereka dilindungi oleh undang-undang perlindungan konsumen.

Kami punya beberapa tips yang harus diperhatikan ketika menggunakan jasa taksi online:

  1. Pastikan plat nomor mobil sama dengan yang ada di aplikasi.

Sewaktu driver datang, sebaiknya Anda lakukan mengecekan secara terang-terangan terhadap kendaraan sekaligus mengajukan beberapa pertanyaan seputar bidang yang ditekuni. Jika tidak sama dengan yang tertulis diaplikasi segera tanyakan kepada perusahaan online tersebut, kemudian segera minta klarifikasi dari pihak perusahaan penyedia jasa layanan.

  1. Kirimkan foto pengemudi online dan plat kendaraan mobil kepada orang terdekat Anda.

Jika sempat, abadikan foto driver online tersebut dan beritahu kepada orang terdekat menurut Anda, agar saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pihak berwajib lebih mudah melacaknya. Kondisi seperti ini jarang terjadi tapi alangkah baiknya bila tetap waspada dimanapun dan kapanpun.

  1. Sebisa mungkin tidak menggunakan jasa angkutan online pada saat larut malam dan dini hari.

Bila Anda seorang wanita, sangat tidak dianjurkan order taksi online saat larut malam atau menjelang dini hari apalagi jika sendirian. Hal ini untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan sewaktu dalam perjalanan. Mengingat pengemudi bisa saja melakukan kejahatan dengan menggasak barang berharga milik Anda.

  1. Usahakan untuk tetap terjaga saat diperjalanan.

Dalam hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga barang bawaan Anda sewaktu berada di dalam mobil. Bila merasa ada  yang tidak beres segera hubungi keluarga atau kantor polisi terdekat.

  1. Jangan mau jika melewati rute yang tidak Anda kenal.

Jika driver menyarankan jalan alternatif yang tidak Anda ketahui sebaiknya saran kami tidak usah dilakukan, karena ini bisa menyangkut keselamatan penumpang. Banyak modus untuk melakukan kejahatan dan salah satunya  bisa dimulai dari mengecohkan rute tujuan awal seorang penumpang.

Leave a Reply