Tiga Bagian Paling Penting dari sebuah Laporan Laba Rugi

Laporan pendapatan merangkum berapa banyak pendapatan yang dibuat perusahaan selama periode pelaporan dan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Bagian terpenting dari pernyataan itu bergantung pada perspektif Anda.

Tiga Bagian Penting Laporan Laba Rugi

Investor yang ingin membeli saham di perusahaan berfokus pada laba bersih per saham, sementara manajer yang mencoba meningkatkan laba atas laba rugi, biaya operasional dan laba bersih perusahaan. Pernyataan pendapatan memungkinkan Anda membandingkan bisnis Anda dengan orang lain di industri yang sama.

Untuk perusahaan dagan bisa melihat: zams.web.id/cara-membuat-laporan-laba-rugi-perusahaan-dagang/

A. Laba kotor

Bagian laba kotor menunjukkan pendapatan – penjualan barang atau jasa – dikurangi biaya barang, atau berapa banyak yang dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli barang yang terjual. Ini tidak termasuk biaya lainnya, namun ini menunjukkan apakah Anda menentukan harga produk dengan benar atau apakah Anda mungkin terlalu banyak mendiskontokan.

Hindari mempertimbangkan jumlahnya secara terpisah, namun bandingkan perubahan dari periode pelaporan sebelumnya hingga melihat tren penting. Gunakan data di sini untuk menghitung marjin kotor – rasio laba kotor terhadap penjualan bersih.

laporan laba rugi

laporan laba rugi

B. Biaya operasional

Biaya operasi menunjukkan berapa biaya untuk melakukan bisnis, di luar dari apa yang Anda belanjakan untuk menghasilkan produk Anda. Bagian ini mencakup gaji, tunjangan, periklanan, sewa, utilitas, penyusutan dan biaya operasional lainnya.

Beberapa item di sini adalah tetap dan lainnya mungkin variabel atau musiman. Jika biaya meningkat lebih cepat daripada laba kotor, periksa untuk melihat area mana yang dapat Anda potong kembali dan mana yang sebenarnya bisa mendorong lebih banyak penjualan.

C. Laba Bersih

Laba bersih adalah garis bawah untuk periode pelaporan, karena kategori ini menunjukkan berapa besar keuntungan atau kerugian yang Anda capai. Bandingkan dengan periode sebelumnya dan dengan anggaran Anda.

Jika tren berada di arah yang salah, kembali ke item baris di bagian lain untuk mengetahui mengapa hal ini terjadi. Bisnis baru mungkin mengalami kerugian, jadi analisislah angka ini sehubungan dengan harapan untuk jenis dan tahap perusahaan Anda. Gunakan data ini untuk menghitung net margin, atau rasio laba bersih terhadap penjualan bersih.

D. Daerah bermasalah

Jika Anda tidak mencapai sasaran untuk pendapatan atau melebihi anggaran untuk biaya, tampilan yang lebih rinci pada bagian tersebut dapat menawarkan penjelasan dan solusi potensial.

Bandingkan perubahan pendapatan dan biaya dari siklus pelaporan sebelumnya dengan melihat tren yang ingin Anda hentikan, seperti penurunan jumlah pelanggan, atau dorongan, seperti kenaikan penjualan rata-rata. Hitung dan tafsirkan rasio keuangan utama yang spesifik untuk industri Anda. Gunakan laporan penghasilan Anda untuk melacak metrik penting dan menentukan area mana yang perlu mendapat perhatian khusus.

Itulah sekilas tentang bagian-bagian penting dari laporan laba rugi, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply