Sekitar Masalah Ijin Bertambah Bangunan & IMB

Sebelumnya bertambah tempat tinggal, urus terlebih dulu Ijin Membangun Bangunan nya (IMB). Dengan mengurusi IMB, tata letak bangunan serta lingkungan yang teratur bisa terwujud sesuai sama peruntukan lahan. Perizinanimb.id siap menjembatani anda dengan instansi terkait pengurusan imb

Beberapa orang berasumsi, Ijin Membangun Bangunan (IMB) cuma dibutuhkan waktu membuat tempat tinggal baru. Asumsi tersebut seutuhnya salah, karna IMB juga di perlukan waktu bertambah tempat tinggal. Bertambah tempat tinggal termasuk juga dalam katagori perbaikan tempat tinggal, hingga mesti buat IMB perbaikan tempat tinggal.

Ada banyak hal yang perlu anda kenali sekitar IMB perbaikan tempat tinggal.

MENGAPA MENINGKAT HARUS PUNYA IMB?

Menurut Ketentuan Gubernur DKI Jakarta no 129 th 2012, tidak seluruh type perbaikan mesti mempunyai Ijin Membangun Banguan. IMB untuk perbaikan paling tidak diperlukan apabila perbaikan telah tiba ke pekerjaan merubah layout ruangan. Umpamanya merubah kamar jadi ruangan tamu atau membongkar tembok untuk memperluas ruangan.

Nah, menambahkan luas bangunan, baik ke atas ataupun ke samping termasuk juga katagori perbaikan yang membutuhkan IMB.

IMB juga di butuhkan untuk meyakinkan bangunan itu telah sesuai sama ketetapan yang di prasyaratkan. Apabila bangunan sesuai sama ketetapan yang berlaku, pasti faedahnya juga dirasa oleh orang-orang banyak. Lingkungan jadi sehat, nyaman serta teratur. Perizinanimb.id adalah perusahaan yang berperasn dalam jasa mengurus perijinan imb.

Umpamanya masalah ketetapan ketinggian bangunan, hal itu dikerjakan untuk meyakinkan bangunan tetangga tetaplah memperoleh cahaya matahari yang cukup. Cobalah pikirkan, bila tetangga anda membuat tempat tinggal dengan ketinggian lebih dari yang di bolehkan, bayangan bangunan tempat tinggal tetangga tersebut juga akan menutupi tempat tinggal anda hingga tempat tinggal anda merasa gelap. Atau tetangga anda membuat tanpa ada memedulikan KLB hingga seluruh lahan hijaunya ditutupi ruang perkerasan. Mungkin saja, makin lama air tanah – yang semestinya punya tanah kita- turut terbawa oleh sumur tetangga.

Dengan terdapatnya IMB, tempat tinggal anda memperoleh payung hukum yang tentu hingga tidak mengganggu kebutuhan orang yang lain. Terkecuali tersebut, tempat tinggal yang juga akan dibuat aman untuk keselamatan jiwa penghuninya. Sebab, ada larangan untuk bertambah tempat tinggal di daerah spesifik. Hal ini terkait erat dengan konstruksi bangunan serta keadaan tanah di daerah itu yg tidak mensupport untuk dibuat tempat tinggal bertingkat. Bila tetaplah memaksa, tempat tinggal anda dapat ambruk di masa datang karna keadaan tanah yang labil.

BERAPA BESAR BIAYANYA?

Semasing daerah mempunyai ketetapan sendiri mengenai besarnya cost retribusi IMB. Di DKI jakarta, jumlah yang harus di bayarkan didasarkan pada Ketentuan Daerah No. 3 th 2012 mengenai Retribusi Daerah serta Ketentuan Kepala Dinas Pengawasan serta Penertiban Bangunan Nomor 1 Th 2014 mengenai Dasar Tehnis Perhitungan serta Denda IMB.

Menurut ketentuan itu, retribusi IMB bertambah bangunan tempat tinggal di kalkulasi dari :

Luas keseluruhan lantai bangunan penambahan x harga unit x index terintegrasi

Harga unit (Hsbg) sebesar Rp. 25. 000/m2. Indeks terintegrasi adalah perkalian dari sebagian aspek, diantaranya type perbaikan, type bangunan, ketinggian bangunan, zonasi, serta banyak hal yang lain. Lebih komplit nya bisa diliat pada Ketentuan Daerah No 3 th 2012 mengenai Retribusi Daerah yang adapat didownload pada website http :// www. jakarta. go. id/situs/produkhukum atau pada ketentuan kepa dinas Pengawasan serta Penertiban Bangunan nomor 1 th 2014 mengenai Dasar Tehnis Perhitungan serta Denda (IMB)

Itulah sekilas tentang itungan dalam mengurus imb, jika anda masih enggan untuk mengurus imb akan berdampak fatal kepada anda , proyek akan distop dan akan mengalami kerugian yang anda alami

Maka dari itu Perizinanimb.id hadir bagi anda yang tidak mau pusing dalam mengurus perijinan imb.

Leave a Reply