Perbedaan Antara Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Perbedaan Antara Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Perencanaan dan pengembangan bisnis adalah dua hal yang berbeda. Perencanaan bisnis umumnya dilakukan sebelum memulai bisnis tersebut. Sedangkan pengembangan adalah tahapan lanjutan untuk mengembangkan dari bisnis tersebut. Dalam membangun sebuah bisnis dibutuhkan analisa yang cukup matang. Karena bagaimanapun juga, kedua hal tersebut saling berkesinambungan.

Dalam membuat perencanaan bisnis, sebaiknya Anda benar-benar menguasai tentang produk yang akan Anda jual ke pasaran nantinya. Sehingga Anda dapat menargetkan dengan pasti arah kemana produk tersebut akan dipasarkan. Selain itu, didalam sebuah perencanaan bisnis, usahakan untuk tidak hanya merencanakan dalam jangka pendek saja, sebaiknya Anda juga memasukkan beberapa rencana jangka panjang bagi usaha Anda.

Selain memahami tentang produk, sebaiknya Anda juga merencanakan Anggaran seminimalis mungkin. Karena hal tersebut nantinya, akan berpengaruh terhadap cara kita mengelola keuangan usaha. Membiasakan untuk menganggarkan sesuatu yang tergolong primer, dapat menekan biaya produksi. Buatlah perencanaan keuangan khusus untuk menyisihkan sebagian hasil penjualan yang nantinya akan dialokasikan untuk biaya pengembangan. Maka, dari itulah dalam membuat perencanaan bisnis harus juga mempertimbangkan untuk pengembangannya kelak. Karena baik perencanaan dan pengembangan bisnis harus dipikirkan dengan matang.

Berhubungan dengan produk, pada tahap perencanaan Anda juga harus memikirkan dengan baik bagaimana Anda mempromosikan usaha atau bisnis Anda. Agar produk yang Anda pasarkan nantinya dapat dikenal secara luas, memanfaatkan kecanggihan teknologi merupakan salah satu strategi yang cukup efektif dan tanpa butuh banyak modal. Manfaatkan media sosial yang Anda miliki sebagai ladang untuk melakukan promosi diawal.

Agar produk Anda dikenal luas, Anda dapat merambah untuk bekerjasama dengan salah satu market place online. Salah satu market place online yang dapat Anda jadikan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah Kudo. Sebagai salah satu e-commerce tepercaya, Kudo memfasilitasi antara penjual dan pembeli di berbagai wilayah di Indonesia untuk melakukan transaksi baik secara online maupun offline. Bergabung bersama Kudo, dapat Anda jadikan dalam rancangan pengembangan bisnis Anda. Nah, itulah tadi perbedaan antara perencanaan dan pengembangan bisnis.

Leave a Reply