Pengertian Linux

Nama Linux mungkin kurang sering di dengar bila dibanding dengan Windows ataupun Macintosh. Hal ini tentu wajar karena pengguna Linux memang sangat sedikit, dari jumlah prosentase yang telah disebutkan di atas mampu kita pahami sendiri betapa sedikitnya pengguna Linux yang hanya 1, 5 persen bila dibanding dengan Macintosh sebanyak 11 persen dan Windows malah lebih dari 85 persen.

Linux sendiri adalah salah satu OS yang menganut sistem UNIX dan memakai model pengembangan dan distribusi aplikasi secara free, ataupun biasa diketahui dengan istilah open source. Seperti halnya aplikasi open-source yang lain, Linux juga bisa dibesarkan dan didistribusikan secara free, inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari OS ini.

pengertian linux

tidak hanya itu, Linux juga diketahui sebagai OS yang handal dan tangguh, walaupun tidak membutuhkan biaya untuk memanfaatkannya. Linux teruji lebih normal dan jarang terkena kasus yang umum terjalin di OS lain ialah proses yang melambat, terkena virus ataupun malware, dan lain sebagainya.

Linux memiliki beberapa tipe yang berbeda dan mampu penuhi kebutuhan dari para user yang pastinya berbeda-beda pula. Mulai dari pengguna baru sampai pengguna lama bisa mendapatkan tipe Linux yang sesuai dengan keperluannya. tipe dari Linux ini lebih diketahui dengan istilah distributions, ataupun biasa disingkat dengan distro. kira-kira semua tipe Linux bisa diunduh secara free dan dipasang di mana saja sesuai kemauan kita. kali linux android theme

tipe Linux yang terkenal di pc desktop contohnya merupakan Ubuntu, Fedora, Debian, dan openSUSE. Setiap tipe tentu punya daya tarik masing-masing, ada yang mengenakan antarmuka modern, ada pula yang masih linux wallpapermengenakan tampilan tradisional. sedangkan itu untuk pc server ada Red Hat, Ubuntu Server, CentOS, dan SUSE Enterprise. tipe Ubuntu dan CentOS bisa dipakai dengan free, sedangkan Red Hat dan SUSE memiliki harga tertentu, hal ini diakibatkan ekstra sokongan yang diberikan oleh keduanya.

Nama Linux itu sendiri berasal dari nama pembuatnya, ialah Linus Torvalds. Untuk uraian lebih perinci akan kita bahas pada bagian selanjutnya ialah mengenai sejarah dan peningkatan Linux.

Leave a Reply