Pemerintah Meminta Pendidikan Karakter di Sekolah harus Ditingkatkan

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Jenderal Pengajaran Dasar dan Menengah Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengatakan pengajaran karakter di sekolah wajib diperkuat. Itu dibutuhkan sebagai salah satu pencegahaan perbuatan kekerasan di sekolah.

Baca Juga:  international schools in jakarta

“Kunci pokoknya itu pengajaran karakter. Pengajaran buah hati umur belia wajib diperkuat di sekolah-sekolah,” ujar Hamid dikala dihubungi Republika.co.id, Sabtu (3/2).

Hamid mengucapkan pengajaran karakter perlu diperkuat supaya karakter buah hati juga dapat disusun dengan bagus. Selaku orang dewasa bagus guru maupun orang tua tak selamanya dapat seketika mengawasi tingkah laku buah hati-buah hati sehingga perlu dikerjakan pencegahan.

Kasus penganiayaan di sekolah kembali timbul sesudah kemarin seorang guru honorer si SMA Negeri 1 Torjun, Sampang, Madura, Jawa Timur, dilaporkan meninggal dunia. Guru bidang kesenian hal yang demikian meninggal dampak mati batang otak (MBO) sesudah dipukul oleh siswanya yang berinisial HI.

Hamid kemudian melanjutkan tiap-tiap sekolah perlu membikin sebuah regu untuk pencegahan kekerasaan. Segala guru seharusnya dan bertanggung jawab untuk persoalan ini. “Dilema kekerasan dan potensinya ini bukan cuma muatan guru BK saja, tapi seluruh guru. Ini melibatkan seluruh faktor di sekolah,” lanjutnya.

Dirjen dari Kemendikbud ini juga minta seluruh sekolah untuk mentaati Tertib Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Permendikbud) no 82 tahun 2015. Dalam regulasi hal yang demikian sudah dituliskan undang-undang atau rekomendasi untuk mengurangi kasus kekerasaan di sekolah, salah satunya penyusunan regu dan kontak pengaduan.

Kecuali itu berjenis-jenis format pengawasan dapat dikerjakan oleh sekolah tergantung dari kecakapan masing-masing. Kalau ada sekolah  international school jakarta  yang sanggup memasang CCTV untuk menolong pengawasan karenanya hal ini akan ditunjang oleh Kemendikbud untuk dikerjakan.

“Boleh saja pemasangan CCTV itu dan telah banyak yang mengerjakan. Namun kan tak seluruh sekolah dapat. Jikalau komite dapat membiayai, silakan,” sebutnya.

Leave a Reply