Mungkinkah Usaha Dropship Tokopedia ?

Usaha Dropship Tokopedia adalah membeli barang dari supplier yang berada di Tokopedia dan menjualnya kembali di Tokopedia atau marketplace lain atau juga menjualnya lagi di Instagram. Dan barang yang dibeli tidak ditujukan ke alamat kita, melainkan ke alamat pembeli toko dropshipper. Pertanyaannya adalah apakah mungkin dan diperbolehkan oleh Tokopedia ?

Jawabannya adalah mungkin dan diperbolehkan. Mengambil barang dan menjualnya kembali dengan cara dropship disediakan fasilitasnya oleh Tokopedia. Di saat menyelesaikan belanjaan di tokopedia, bisa memilih mengirim barang dengan nama supplier atau mengirim barang dengan nama toko kita yang fasilitasnya di Tokopedia disediakan dengan sebuah check list. Saat check list dicentang, muncul isian formulir pengirim barang siapa (supplier atau nama lain). Dengan begitu, barang yang dibeli akan bisa dikirim dengan nama toko dropshipper secara resmi dari sistem Tokpedia.

dropship tokopedia

Dalam menjalankan dropship di Tokopedia sebaiknya dengan cara meminta ijin dulu terhadap suppliernya. Atau bila supplier di Tokopedia sudah memberi catatan menerima dropship Tokopedia, bisa langsung untuk memasang produk dari supplier di toko kita. Ada beberapa cara agar dropship ini tidak menyalahi aturan Tokopedia.

Memasang foto produk yang sama dengan toko lain, dianggap melanggar hak cipta. Demikian juga judul dan deskripsi yang sama. Agar foto produk tidak menyalahi aturan Tokopedia, setiap foto sebaiknya diberi watermark nama toko dropshipper. Demikian juga dengan judul dan deskripsi yang bisa diedit sehingga tidak sama dengan judul dan deskripsi dari supplier. Karena foto, judul dan deskripsi yang sama dianggap melanggar hak cipta oleh Tokopedia. Pelanggarannya bukan karena bisnis dropshipnya tetapi hak cipta foto, judul dan deskripsi dari toko supplier.

Pada Bukalapak, petinggi Bukalapak memang menyatakan tidak menerima penjual dropshipper yang dianggapnya penjual curang. Di Tokopedia dan di Shopee, sistemnya menyediakan penjualan untuk dropship. Jadi sebenarnya aman untuk berbisnis dropship di Tokopedia dan Shopee.

Untuk marketplace lain, penulis belum mencoba, karena sebagai dropshipper, mencari barang dari supplier yang harganya miring dan marketplacenya memberi sistem dropshipnya. Dan juga yang mempunyai pembeli online yang besar, jadi tepilihlah Dropship Tokopedia dan Shopee.

Leave a Reply