Masakan Rumahan dan Keuntungannya

 

Beberapa orang meyakini jika lezatnya masakan rumahan tak kalah dengan masakan-masakan mewah yang berada di luaran. Hangatnya suasana rumah menjadi indikasi serta menjadi pembeda dibandingkan jika Anda pergi makan di cafe, restoran, kedai dan tempat-tempat makan mewah lainnya di luar sana. Tapi bukan berarti Anda tidak boleh makan di luar, sesekali makan di luar juga tak ada salahnya. Lain dari itu, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda dapatkan jika Anda makan di rumah dengan masakan buatan sendiri.

Lezatnya Masakan Rumahan dan Berbagai Keuntungannya

Ada banyak keuntungan yang didapat bila Anda kerap memasak di rumah. Lebih dekat dengan keluarga sudah pasti, tapi ada yang cukup menguntungkan yang bisa Anda peroleh dengan memasak masakan di rumah, di antaranya:

  • Kebersihan Terjaga

Makanan di luar seperti di cafe dan restoran memang terlihat bersih dengan tampilan yang membuat selera makan meninggi, namun perlu diketahui bahwa Anda tidak dapat melihat sendiri seperti apa pembuatannya. Lain halnya jika Anda memasak sendiri masakan yang hendak Anda buat di dapur milik Anda sendiri. Kita bisa mengontrol sepenuhnya, misalnya saja memisahkan makanan mentah dengan piring atau sendok. Atau memisahkan daging dengan bumbu-bumbu lainnya.

  • Lebih Sehat

Menu-menu di restoran atau warung makan cenderung menggunakan minyak goreng yang berulang, tentu saja ini membuat lemak yang kita konsumsi tak terkontrol. Borosnya garam atau bumbu-bumbu pendukung yang ditambahkan zat tambahan makanan lainnya atau gula yang berlebih bisa membuat kita mengidap berbagai penyakit seperti obesitas atau diabetes. Dengan memasak masakan di rumah, kita punya cara tersendiri agar kesehatan tetap menjadi yang utama.

  • Hemat dan Lebih Ekonomis

Makanan rumahan dengan bahan-bahan pilihan kita sendiri disinyalir membuat kantong Anda tetap terjaga. Berbeda dengan bila kita makan di luar yang selain ada pajak, tentu juga adanya tambahan ongkos produksi. Sebagai contoh, jika makan di luar kita bisa menghabiskan dana sebesar minimal 50 ribu rupiah, misalnya, padahal dengan dana segitu kita bisa membuat makanan di rumah yang cukup mengenyangkan. Lebih hemat bukan?

  • Cita Rasa yang Pastinya Berbeda

Memasak masakan di rumah, Anda dapat menambahkan berbagai macam rempah-rempah dan pelezat rasa alami yang semakin membuat masakan kita justru makin kaya rasa. Ada kesenangan tersendiri bila kita bisa membuat dan menyiapkan masakan sendiri untuk keluarga tercinta.

 

 

  • Lebih Dekat dengan Keluarga

Percaya atau tidak, kegiatan memasak seringkali terasa ajaib karena kita bisa menciptakan kedekatan dengan keluarga. Saling mengirimi masukan atau testimoni mengenai makanan yang dibuat, berbagi kebahagian dan canda tawa, lebih jauh menjalin kasih sayang sesama anggota keluarga.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan memasak makanan di rumah. Ini juga menjadi bukti bahwa makanan rumahan juga dapat bersaing dengan masakan mewah di cafe-cafe. Mengolah dan memilih menu makanan sendiri merupakan sesuatu yang paling bijak. Belum lagi dengan memasak masakan rumahan bisa sesuai dengan selera lidah semua anggota keluarga.

Oiya, satu lagi, keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan memasak masakan rumahan di rumah yaitu akan membantu terutama dalam mempertahankan semangat gaya hidup sehat. Kalau pun Anda tak ada waktu luang dan bingung akan memasak apa, Anda tinggal mencari resep makanan yang sekarang banyan berseliweran di internet. Bagaimana, banyak keuntungannya bukan?

Leave a Reply