Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Air Putih

Air merupakan salah satu komponen utama yang ada di dalam tubuh manusia. Memenuhi kebutuhan akan air putih dan tidak pernah melewatkannya akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Anda juga tidak perlu khawatis karena air putih tidak memiliki kandungan berbahaya jika dikonsumsi setiap hari. Para pakar menyarankan untuk rutin meminum air putih delapan hingga sepulu gelas setiap harinya agar kondisi tubuh tetap stabil.

Bahkan Institute of Medicie memberikan batasan untuk minum air putih setiap harinya, bagi pria adalah 3 liter dan bagi wanita 2,2 liter atau bisa juga disesuaikan dengan umur dan ukuran tubuh. Air putih dapat membantu tubuh agar tidak mengalami dehidrasi karena setiap sel yang ada di dalam tubuh mendapatkan jatah air yang cukup sehingga dapat bekerja dengan optimal.

Manfaat Air Putih

Air putih memang sangat dianjurkan untuk diminum dalam jumlah yang cukup secara rutin, mau tahu apa saja manfaat air putih? Simak tips kesehatan tentang air putih berikut ini.

Meningkatkan Mood

Tidak mood atau hilangnya mood seseorang tidak selalu dikarenakan orang tersebut sedang tertima masalah. Penelitan mengungkapkan bahwa kondisi tubuh yang sedang kekurangan asupan carian terlalu sering juga dapat menimbulkan seseorang terganggu suasana hatinya, atau dalam hal ini tidak mood.

Sebuah riset yang dilakukan pada 25 orang wanita menunjukan bahwa dehidrasi dapat mengganggu suasana hati seseorang, kemudian sesudah mendapatkan cairan dengan jumlah yang cukup modd kembali positif lagi.

Meredakan Sakit Kepala

Salah satu penyebab sakit kepala termasuk migren ialah fakto dehidrasi. Terdapat sebuah studi yang menjelaskan bahwa dengan minum banyak air dapat membantu mengurangi rasa sakit kepala.

Baik untuk Pencernaan

Air putih berperan penting dalam membantu proses pencernaan makanan di dalam tubuh dengan baik. Kurang asupan air putih dapat mengganggu proses penceraan makanan dan dapat menyebabkan sembelit.

Minum air putih dengan jumlah yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubh serta membantu melancarkan proses pencernaan makanan karena gerakan usus menjadi teratur. Para ahli menyarankan untuk meminum air putih hangat saat sedang sembeli karena dapat melancarkan pencernaan makanan yang terganggu itu.

Mengeluarkan Racun Tubuh

Tanpa sadar, makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung racun dan masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan bila tidak segera kita tangani. Dengan memimun air sesuai kebutuhan, kita bisa mengeluarkan zat-zat berbahaya tersebut melakui urin atau keringat.

Nah itulah beberapa manfaat air putih yang bisa Anda dapatkan. Sehat bisa Anda dapatkan dengan melakukan hal mudah, seperti meminum minimal 8 gelas air putih dalam sehari, jika Anda melakukannya secara rutin, Anda pastik akan merasakan manfaat positif pada tubuh Anda.

Leave a Reply