Kebutuhan AC yang sesuai dengan rumah anda

Kebutuhan AC yang sesuai dengan rumah anda

Banyak Macam untuk Tipe AC saat ini seperti AC Standard, AC Low Watt atau AC Inverter, dan Mana Yang Cocok Untuk Anda ?

Jika anda tertarik ingin membeli AC tetapi bingung ketika diberi pilihan tipe AC apa yang cocok untuk rumah anda  AC Standard, Low Watt atau AC Inverter ? Disini akan bahas ketiga jenis AC tersebut dengan harapan anda akan mengerti perbedaan AC yang anda butuhkan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis AC tersebut. Kami harap setelah membaca artikel yang kami buat ini anda akan mendapatkan dan  memilih dengan tepat AC jenis apa yang cocok untuk penggunaan dan kebutuhan AC yang sesuai dengan rumah anda

AC Low Watt

AC Low Watt merupakan AC yang memiliki cara kerja yang sama dengan AC Standard. Namun perbedaannya terletak pada kompressornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil di bandingkan dengan AC standard. Untuk mencapai kemampuan yang sama maka pada AC Low Watt memperkuat kipas angin pada outdoor unit.

Secara umum, AC Low Watt memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan AC Standard tetapi AC Low Watt  menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik anda akan lebih murah sampai ~20-30% per bulannya.

Tipe AC Low Watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik yang kecil karena memiliki tarikan listrik awal yang paling kecil dibandingkan dengan tipe AC Standard dan AC Inverter.

Kekurangan kepada AC Low Watt hanya pada faktor bahwa ruangan akan terasa dingin lebih lambat dibandingkan dengan AC Standard karena AC ini menggunakan tenaga yang paling sedikit. Kebutuhan AC yang sesuai dengan rumah anda

AC Inverter

AC inverter merupakan AC dengan tingkat tertinggi. Teknologi pada AC inverter ini membuat kompresor pada AC inverter dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh apabila anda menyetel suhu di 24 derajat pada remote AC inverter anda maka pada awal dinyalakan AC Inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan dan di harapkan ruangan tersebut tertutup. Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC Standard. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 24 (sesuai dengan remote AC) maka kompressor pada AC inverter akan bekerja seminimal mungkin.

AC Inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya. Hal ini membuat AC inverter tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk karena AC akan tidak bersuhu dingin.

AC Inverter juga tidak cocok untuk penggunaan yang sebentar karena tarikan listrik awalnya amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan listrik.

Tipe AC Apa Yang Paling Irit untuk kebutuhan anda?

Ada 2 untuk AC yang paling irit tergantung dari penggunaannya.

AC Low Watt merupakan AC paling irit untuk penggunaan yang tidak lama (sekitar 2-3 jam) atau untuk ruangan yang sering pintunya dibuka tutup dan banyak orang keluar masuk.

AC Inverter merupakan AC paling irit dengan catatan digunakan dalam waktu lama (8 jam) dan ruangan yang pintunya jarang dibuka tutup. Contoh ruangan yang ideal adalah kamar tidur utama dan kamar tidur anak. Perbedaan penggunaan AC nya cukup signifikan dengan skenario yang tepat.

Untuk tipe AC yang cocok dengan kebutuhan rumah anda berikut kami jabarkan :

  • Rumah yang memiliki daya listrik hanya 900-1300 volt -> Gunakan AC Low Watt agar saat menggunakan  AC tidak turun dan tidak memiliki tegangan AC yang besar.
  • Pintu ruangan AC yang sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt agar ruangan anda tetap terasa sejuk.
  • AC yang sering dimatinyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt agar listrik yang di gunakan tidak boros.
  • AC yang hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai setiap harinya) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC yang nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (seperti di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter agar ruangan tetap sejuk dan dingin.

 

Leave a Reply