Kampung Kurma Cipanas – Destinasi Wisata Tersembunyi

Bila kita mendengar kata Cipanas apa yang anda pikirkan ?

Pasti berhubungan dengan wilayah Puncak yang berada di Bogor ya ?

Wisata yang berada di kawasan Cipanas, Puncak Bogor adalah Kota Bunga, jaraknya bila dari Jakarta kurang lebih sekitar 80 km.

Tapi tahukah Anda, ada daerah yang bernama Cipanas juga yang berada di wilayah Lebak Banten ?

Bila tempat yang wisata yang terkenal di wilayah Cipanas Lebak Banten adalah wisata air panasnya.

Namun, selain itu tahukah Anda bahwa disana akan dibangun wilayah agrowisata dengan konsep yang syari yaitu wilayah perkebunan kampung kurma cipanas
yang terhubung secara langsung dengan pesantren tahfidz Quran yang akan dipimpin langsung oleh salah satu juri Hafidz Indonesia yaitu Syekh Ali Jaber.
Dan bila seorang hafidz Quran maka akan diberikan kavling kurma secara gratis disana.

Letak Kampung Kurma Cipanas ini berada di jalan provinsi antara Jawa Barat dengan Banten, wilayahnya sangat asri dan terletak diantara beberapa pegunungan sehingga menambah keindahan alamnya.

Kampung Kurma Cipanas pada tahap pertama proses pembangunannya memiliki luas tanah kurang lebih 23 Ha dan pada tahun 2018 direncanakan akan diperluas lagi.

Disana akan ditanami pohon kurma jenis Barhee dan KL 1, yaitu tanaman kurma jenis tropis yang telah dibudidayakan sebelumnya di Thailand semenjak beberapa tahun yang lalu.

Sebelum ditanam, kurma tersebut melalui proses pengkondisian dengan tanah yang akan ditanami, sehingga diharapkan akan tumbuh dan berbuah secara optimal.

Kurma jenis KL 1 dan Barhee memiliki rentang masa panen sepanjang tahun dengan puncak panen satu kali dalam setahun.
Kurma jenis itu diklaim bisa berbuah hingga usia 90 tahun.

Hal yang paling kritis dalam penanaman kurma adalah tersedianya cukup asupan air dan sinar matahari bila kedua hal tersebut tidak terpenuhi secara cukup, kurma akan tetap tumbuh,
namun hasilnya tidak maksimal.

Kampung Kurma Cipanas memiliki kedua faktor tersebut, oleh karena itu ketika pohon kurma panen, akan mendapatkan hasil panen kurang lebih 20 – 50 kg/ perpohon (ada yang bisa menghasilkan sampai 100kg/pohon)

Kampung Kurma Cipanas selain untuk membudidayakan kurma juga memiliki tujuan sosial yaitu , mensejahterakan masyarakat sekitar sehingga roda perekonomian disana berjalan dengan baik.

Dengan konsep tersebut maka tidak aneh, bila kampug kurma cipanas telah dimiliki hanya dalam beberapa bulan saja.

Leave a Reply