Indahnya Pemandangan Sunset di Hutan Pinus Pengger

Membahasmengenai wisata alam berupahutanpinus di Jogjapasti yang pertamaterbersitdi benak para wisatawan adalahHutanPinusMangunan. Tidak salah memang jika wisatawan banyak yang mengasosiasikan hutan pinus dengan Mangunan kerena sudaheksissejak lama. Selain itu juga adaPuncakBecici yang sempatdikunjungi Obama saatberkunjungke Yogyakarta. Tidak banyak orang yang tahu kalauselainkeduahutanpinustersebut, Jogjamasihterdapatbanyakhutanpinus yang indah dan cantik salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger.

Sepertiwisata hutanpinus lainnya, Penggermenawarkanpesonakeindahan hutanpinus yang alamidanasri.Di lokasi ini, wisatawanbisaberjalan kaki masukkedalam hutan yang dipenuhipohonpinusberukurantinggi dan bersantai menikmati segarnya udara pegunungan.HutanPinusPenggersepertiPuncakBeciciyaitukontur tanahnya berbukit sehinggauntuksampaike area tengah hutanpinus, wisatawanharusberjalan kaki melewatianaktanggatanah.

Terdapat beberapa instalasi yang dibuat oleh pengelola yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk berfoto. Wisatawan bisa memilih salah satu dari instalasi tersebut atau mencoba semuanya. Untuk berfoto di instalasi tersebut, pengunjung hanya dimintai uang sukarela yang akan digunakan untuk mengembangkan kawasan tersebut. Instalasi-instalasi yang ada di hutan ini sangat unik dan menarik sehingga banyak yang mengabadikan momen dengan kamera mereka masing-masing.

Selain sebagai tempat untuk bersantai dan selfie, Pengger juga merupakan salah satu tempat terbaik yang ada di kawasan ini untuk menyaksikan momen matahari terbenam. Banyak wisatawan yang datang ke hutan ini untuk melihat keindahan alam yang mempesona ketika matahari tenggelam.  Indahnya pemandangan saat sunset membuat kawasan ini bertambah ramai ketika sore menjelang. Pemandangan lembah yang ada di bawah bukit membuat wisatawan akan terpesoana saat menyaksikannya.

LokasiHutanPinusPengger

HutanPinusPenggerberlokasi di DusunSendangsari, DesaTerong, KecamatanDlingo, KabupatenBantul.Dari Kota Jogja diperlukan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam perjalanan. Jika wisatawan datang dalam jumlah besar bisa sewa bus Jogja.

TiketMasukHutanPinusPengger

Untukmasuk kawasanHutanPinusPenggerbiayanya sangat murahyakni Rp2.500 per orang. Untuk parkir motor Rp2.000, parkirmobil Rp5.000 danparkirbis Rp20.000.

Leave a Reply