Formasi Sepak Bola 5-3-2 dengan Pertahanan Kuat

Formasi sepak bola 5-3-2 menjadi salah satu pilihan tim saat ini. Di mana dua pemain depan dengan tiga di tengah dan di lini belakang menaruh 5 pemain. Banyak yang tidak memahami bahwa formasi ini kerap kali dipakai beberapa tim besar yang ada di eropa. Dua penyerang yang ada di depan focus terhadap penyerangan. Ditambah dengan 3 pemain di tengah yang merupakan penghubung dari belakang. Sedangkan di belakang ditaruh 5 pemain. Formasi ini mempunyai banyak kelebihan tidak heran kalau prediksi bola malam ini kemungkinan tim memakai formasi ini lebih banyak. Sebelum kita bahas lebih lanjut. Tahu kah anda kenapa formasi ini banyak dipakai?

Menjawab pertanyaan yang tadi telah diungkapkan. Bahwa tim dengan formasi 5-3-2 merupakan formasi yang sangat mengunggulkan pertahanan. Fokus tim ialah bertahan dengan mengandalkan 5 pemain yang ada dibelakang. Namun jangan salah, meski pertahanan kuat penyerangan juga bisa mematikan. Kenapa bisa demikian? Lantaran serangan balik menjadi sebuah strategi yang mengikuti formasi ini. 3 pemain yang ada di tengah merupakan jembatan penghubung. Jadi bila mana pemain tengah ini berhasil menghubungkan dengan baik bola menuju depan maka penyerang tinggal melakukan sebuah finisihing. Lima pemain yang berada di belakang tidak semestinya bertahan terus menerus. Bek luar kanan dan kiri adalah kunci dari permainan menyerang. Beberapa tim terbaik yang menggunakan formasi ini selalu mengandalkan fullback untuk mau sehingga formasi seperti berubah menjadi 3-5-2.

Formasi sepak bola satu ini memang sangat fleksibel. Jadi bisa disesuaikan dengan kekuatan dari tim lawan. Anda bisa melihat sendiri permainan tim yang menggunakan formasi ini. Pasti akan menunjukan pemainan yang menawan. Hanya saja, kalau pemain tidak focus terutama pemain belakang, bisa berakibat fatal. Apalagi bek bagian kanan dan kiri telalu focus terhadap penyerangan. Nanti pasti hanya menyisakan tiga pemain belakang. Itu sangatlah berbahaya bila mana lawan cerdas dalam memanfaatkan serangan balik. Itulah sedikit ulasan mengenai formasi 5-3-2 dalam sepakbola.

Leave a Reply