Benarkah Cara Melebatkan Rambut Bayi Cukup dengan Teratur Mencukurnya?

Banyak orang tua yang cemas dengan pertumbuhan rambut si kecil yang terlihat tipis, mereka pun mencari cara melebatkan rambut bayi. selain itu, banyak pula yang percaya mencukur habis rambut si kecil, karena cara tersebut bisa membuat rambutnya tumbuh lebih tebal. Namun, apakah anggapan tersebut sepenuhnya benar, atau hanya sebatas mitos? Ketika bayi lahir tidak ada yang mengetahui seperti apa jenis rambutnya. Apakah ia memiliki jenis yang tebal, tipis atau tidak memiliki rambut sama sekali.

Umumnya, rambut bayi akan berubah saat berusia 1 tahun. Mungkin saja ketika lahir bayi mempunyai rambut yang tebal dan lebat. Namun beberapa bulan kemudian, rambut akan rontok serta menjadi tipis. Hal ini dikarenakan oleh faktor hormonal, faktor lainnya yang juga bisa mempengaruhi ialah posisi bayi yang banyak terlentang, sehingga menyebabkan gesekan antara kepala dan kasur sehingga banyak kerontokan yang terjadi di kepala bagian belakang. Tetapi, tidak perlu cemas karena kerontokan rambut bisa berkurang dengan sendirinya saat umur bayi bertambah serta bertambahnya aktivitas yang ia lakukan. Rambut bayi akan tumbuh di usia 6 bulan walaupun sebagian bayi yang baru lahir tumbuh dengan rambut tebal di usia 3 tahun.

Hingga saat ini, tidak sedikit orang tua yang percaya tentang anggapan rambut si kecil bisa tumbuh dengan lebat saat dicukur habis. Sayangnya, anggapan seperti ini hanyalah mitos belaka serta bukan menjadi sebuah kebenaran karena hingga sekarang ini belum muncul bukti yang kuat yang mendukungnya. Harus diketahui tekstur warna serta pola pertumbuhan rambut bayi tidak bergantung dari proses pencukuran rambut, namun jenis rambut yang ia miliki bergantung dari etnis, hormon dan genetik. Sehingga, cara melebatkan rambut pada bayi bukan mencukur habis rambutnya.

Agar bisa merangsang pertumbuhan rambutnya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Memberi air susu ibu. ASI yang diberikan secara eksklusif dengan pola makan sehat dan seimbang akan bisa merangsang pertumbuhan rambutnya,
  • Pastikan bayi mendapatkan asupan makanan pendamping ASI yang memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin. Selain bisa bermanfaat untuk pertumbuhan rambutnya, mineral dan vitamin dapat mendukung tumbuh kembangnya,
  • Memijat kulit kepalanya. Memijat kulit kepalanya dapat dilakukan sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambutnya. Pijat dengan lembut kepalanya secara perlahan dengan menggunakan minyak zaitun.

Apapun jenis rambut si kecil, Anda bisa menjaganya dengan keramas sesuai dengan kebutuhan. Bayi yang baru lahir biasanya belum banyak mengeluarkan minyak pada kulit kepalanya, sehingga tidak harus keramas setiap hari. Cukup sekali seminggu. Saat umur bayi sudah bertambah, keramasi rambut dengan lebih sering. Anda bisa menggunakan shampo atau produk perawatan bayi yang aman untuknya seperti menggunakan Zwitsal. Semoga beberapa tips cara melebatkan rambut bayi di atas dapat membantu.

referensi artikel https://www.zwitsal.co.id/momen-gayaku/cara-melebatkan-rambut-bayi-agar-lebih-sehat-dan-kuat

 

Leave a Reply