Aplikasi Payroll Untuk Penggajian Karyawan

Bagi kita masyarakat awam tentunya belum mengetahui lebih lanjut apa itu yang namanya payroll? Dan apakah apa itu aplikasi payroll yang merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan dalam satu perusahaan? Sudah disebutkan bahwa pada dasarnya, aplikasi atau layanan yang satu ini sudah sering dikenal oleh masyarakat yang secara kebetulan bekerja di perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan. Perusahaan yang menggunakan aplikasi ini sendiri akan merasakan kemudahan untuk memanajemen karyawan yang bekerja, khusus untuk proses penggajian serta perhitungan pph 21.

Apa Itu Aplikasi Payroll

Aplikasi Payroll Untuk Penggajian Karyawan

Aplikasi Payroll Untuk Penggajian Karyawan

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai apa itu payroll, mari kita artikan terlebih dahulu arti atau istilah ini. Jika diartinya kedalam bahasa Indonesia, payroll memiliki arti “daftar gaji”. Walaupun artinya seperti itu, namun dalam aplikasinya sendiri, payroll cukup bersebarangan dengan arti yang sebenarnya. Hal tersebut disebabkan karena payroll merupakan sebuah administrasi sistem penggajian yang mana merupakan kegiatan rutin bulanan bagi setiap perusahaan yang memiliki pengawai atau karyawan didalamnya.

Bisa dipastikan bahwa sistem penggajian ini menjadi hal penting. Karena menyangkut kesejahteraan karyawan dan juga kebutuhan karyawan nantinya. Umumnya, layanan ini sendiri banyak digunakan HRD untuk menghitung gaji karyawan dalam suatu perusahaan. Menggunakan payroll memang sangat menguntungkan bagi bagian dalam perusahaan yang bertugas untuk menghitung berpaa gaji dari karyawan atau pegawai dalam satu perusahaan. Kita tahu bahwa dalam setiap perusahaan tentunya mekanisme dalam penggajiannya berbeda-beda.

Misalkan dalam penggajian tersebut ada saja uang wajib yang harus dihitung. Diantaranya perusahaan menerapkan aturan adanya uang pokok yang harus dihitung, uang lembur yang masing-masing karyawan berbeda satu masa lain, uang harian yang tentunya harus diberikan oleh setiap karyawan, uang transport untuk masing-masing karyawan dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya menghitung secara manual akan sangat menyulitkan kita sebagai bagian dari perusahaan yang bertugas untuk menggaji karyawan.

Terlebih jika dalam satu perusahaan tersebut mempunyai ratusan hingga ribuan karyawan, tentunya kita akan dibuat pusing hanya karena harus menghitung gaji mereka, bukan? Belum lagi waktu yang nantinya digunakan untuk penghitungan gaji masintg-masing karyawan juga cukup banyak. Hal tersebut tentunya akan berimpas pada waktu untuk menghitung berapa gaji yang akan diterima oleh masing-msing karyawan akan memakan waktu yang cukup lama. Nah, masalahnya jika perusahaan tersebut akan menambah tenaga HRD untuk penggajian tentunya akan memboroskan pengeluaran perusaahan.

Karena itulah, perusahaan tersebut mencari sbeuah terobosan terbaru dari sistem penggajian yang efektif namun tanpa banyak tenaga yang dibutuhkan. Hal inilah yang menjadikan dasar kenapa banyak perusahaan yang memakai aplikasi payroll untuk menunjang kebutuhan perusahana dalam penggajian karyawannya. Dan sudah dibuktikan dengan tenaga yang sedikit, sistem penggajian sebuah karyawan dalam perusahaan bisa maksimal dan optimal.

Leave a Reply