Apa Penyebab Kaki Sembab pada Wanita Hamil?

.

Pembengkakan pada kaki tentu bakal membikin seseorang susah berkegiatan. Situasi semacam ini umum juga terjadi pada ibu hamil. Kaki sembab pada wanita hamil yaitu hal yang normal. Hal ini terjadi sebab pembuluh darah besar di pangkal paha mendapatkan tekanan dari bayi dalam kandungan yang tubuhnya semakin membesar. Itu sebabnya di bulan-bulan terakhir kehamilan biasanya akan terjadi pembengkakan kaki. Tetapi, kaki sembab pada wanita hamil konsisten seharusnya diwaspadai, secara khusus seandainya betis juga turut membengkak dan meninggalkan lekukan saat ditekan.

Baca juga: cara cepat hamil alami

Apabila situasi ini terjadi di trimester ketiga kehamilan, ada kemungkinan terjadi preeklamsia. Preeklamsia yaitu sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi), dan petunjuk-petunjuk kerusakan organ. Umpamanya, kerusakan ginjal yang dibeberkan dengan tingginya kadar protein pada air kemih (proteinuria). Kecuali itu, juga perlu diwaspadai seandainya pembengkakan cuma terjadi pada satu kaki dan betis memerah. Ini dapat menjadi gejala adanya gumpalan darah di pembuluh darah.

Baca juga: cara memperbanyak asi

Salah satu sistem yang umum dijalankan ibu hamil untuk menyiasati situasi hal yang demikian yaitu dengan terbaring lalu mengangkat kaki dengan menyandarkannya ke dinding. Atau, saat sedang duduk, ibu hamil umum mengangkat kaki menjadi lurus dan sama tinggi dengan posisi duduknya.

 

Leave a Reply