5 Festival Unik di Thailand Yang Wajib Kamu Hadiri

Masing-masing negara pasti memiliki keanekaragaman yang khas. Contohnya saja negara Thailand. Negara beribu kota Bangkok ini menarik banyak wisatawan dunia karena memiliki ragam kebudayaan dan festival-festival unik yang menjadi tradisi bagi rakyat Thailand. Oleh karena itu, Thailand menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Asia Tenggara.

Untuk kamu yang baru pertama kali akan ke Thailand, bisa membaca tips pemula ke Thailand sebelum pergi ke Thailand. Nah jika sudah tahu tipsnya, kamu wajib tahu festival yang wajib kamu saksikan jika ke Thailand. Simak penjelasan lima festival berikut ini ya!

Festival Loy Krathong

Festival ini diselenggarakan di berbagai kawasan seperti Bangkok, Phuket, Chiang Mai, dan Koh Samui. Oleh karena itu, festival ini disebut-sebut sebagai festival terbesar di Thailand.  Di Chiang Mai, festival ini lebih dikenal dengan nama Yi Peng. Festival ini mengadakan upacara sesajian di danau atau sungai yang merupakan simbolis bentuk harapan sehingga menghapuskan dosa dan perilaku buruk yang pernah dilakukan. Orang-orang akan beramai-ramai menghanyutkan perahu yang terbuat dari daun pisang berhiaskan bunga-bunga dan lilin-lilin yang cantik.

Selain itu, festival yang diadakan selepas musim hujan yaitu antara bulan Oktober atau November ini terdapat festival melepaskan lampion juga, lho. Konon, jika sepasang kekasih menerbangkan lampion bersama-sama, maka hubungan mereka akan langgeng. Tidak salah jika festival ini menjadi festival paling ditunggu oleh para wisatawan dunia.

Phuket Vegetarian Festival

Festival ini terbilang unik dan ekstrim, lho. Festival ini akan megharuskan warga Thailand untuk menjadi vegetarian selama sepuluh hari dan berdoa untuk 9 Dewa Raja. Mereka percaya kegiatan ini akan menyucikan pikiran dan tubuh mereka. Warga-warga Thailand juga tidak diperbolehkan untuk makan daging, berbohong, bertengkar apalagi membunuh.

Selain itu, adanya upacara yang dilakukan untuk memangil dewa pun dilakukan dengan cara yang sangat ekstrim. Contohnya seperti menindik badan, menusuk pipi menggunakan pisau, pedang atau barang tajam lainnya yang menjadi pertanda bahwa dewa melindungi orang tersebut dari mara bahaya.

Festival ini diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Oktober dan menarik perhatian wisatawan China dan negara Asia lainnya.

Festival Songkran

Festival Songkran berasal dari bahasa sansekerta yang berarti awal tahun surya baru. Nah, setiap tahunnya festival ini biasanya berlangsung selama tiga hari dan pada saat suhu udara di Thailand sedang panas yaitu pada bulan April.

Festival ini juga dilaksanakan di tiga tempat yaitu Bangkok, Phuket, dan Chiang Mai. Festival ini dirayakan dengan berperang air. Pada festival ini berlangsung, para penduduk dan wisatawan dapat mencipratkan air dengan pistol air, kaleng atau bahkan belalai gajah. Air ini digunakan sebagai “pembersih” untuk memasuki awal tahun baru. Seru banget kan? Makanya festival ini sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan mancanegara.

Bo Sang Umbrella Festival

Festival ini diadakan pada setiap bulan Januari di Desa Bo Sang, Provinsi Chiang Mai, sebagai wujud perayaan seni tradisional. Nah, festival ini akan menyuguhkan berbagai atraksi yang menarik, lho. Kamu bisa menemukan pertunjukan seni budaya, payung-payung unik dengan berbagai motif, parade mobil berhias payung, parade gadis-gadis yang membawa payung, dan kontes kerajinan hanya akan kamu temukan di Bo Sang Umbrella Festival.

Monkey Buffet Festival

Nah, dari namanya saja kamu sudah bisa menebak bukan? Lopburi merupakan sebuah kawasan yang terkenal dengan monyet-monyet yang berkeliaran bebas, lho. Para penduduk setempat percaya bahwa monyet-monyet tersebut akan membawa nasib baik. Mereka pun menyelenggarakan sebuah pesta tahunan untuk menghormati monyet-monyet tersebut.  Setiap  hari Sabtu terakhir di bulan November, monyet-monyet tersebut diundang ke kuil Sam Prang Pra Yod dan disediakan beragam makanan seperti buah-buahan dan sebagainya.

Leave a Reply