4 bahan alami yang ampuh redakan sakit gigi

Sakit gigi adalah kondisi dimana seseorang mengalami rasa sakit atau nyeri yang muncul pada area sekitar gigi, bisa dari gigi yang berlubang bisa juga dari gusinya. Meskipun hanya sepele namun rasa sakit yang ditimbulkannya dapat membuat seseorang sampai menangis nangis. Rasa nyeri dari sakit gigi bisa beragam, mulai dari yang ringan hingga sampai tingkat yang parah.

Biasanya sakit gigi bisa muncul secara tiba tiba dan hilang juga tiba tiba, ada yang terjadi secara terus menerus sepanjang hari, ada juga yang hanya sesaat. Penyebab sakit gigi biasanya karena adanya gigi yang berlubang, selain itu juga bisa disebabkan oleh gusi yang bengkak. Pada sakit gigi yang parah biasanya terjadi dikarenakan gigi yang berlubang sehingga pulpa gigi mengalami peradangan dan menyebabkan rasa sakit. Pulpa gigi adalah lapisan terdalam dari gigi yang terdiri atas pembuluh darah dan saraf sensitif, sehingga apabila terjadi peradangan akan menyebabkan rasa sakit.

Beberapa obat yang dijual diapotik dapat anda minum untuk meredakannya, namun jika dirasa anda belum sempat keapotek atau sakit gigi yang anda alami terjadi tiba tiba maka beberapa obat alami dapat anda gunakan untuk meredakannya. Dan berikut beberapa obat alami yang berkhasiat untuk meredakan sakit gigi.

1. Bawang putih

Dari jaman dahulu hingga sekarang bawang putih dipercaya berkhasiat meredakan sakit gigi, dan jika anda sakit gigi mungkin bawang putih bisa anda gunakan untuk meredakannya. Caranya dengan meletakkan bawang putih pada area gigi anda yang sakit, atau anda juga dapat mengunyahnya langsung.

2. Garam

Garam juga berkhasiat meredakan sakit gigi, karena garam mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Caranya cukup dengan berkumur dengan segelas air putih yang sudah dicampur dengan 1 sendok teh garam. Kumurlah sekitar 1 menit dan setelah itu buang air tersebut, jangan ditelan!.

3. Minyak cengkeh

Tahukah anda bahwa manfaat cengkeh sangat banyak,  minyak cengkeh mengandung eugenol, diamana euganol berfungsi sebagai antibakteri dan anastesi. Sehingga, minyak cengkeh dapat meredakan sakit gigi. Caranya dengan mencampurkan minyak cengkeh pada kapas, setelah itu masukkan pada gigi yang berlubang. Atau anda juga bisa meneteskan langsung minyak cengkeh pada gigi berlubang atau gusi yang menyebabkan rasa sakit.

4. Kompres dengan es

Untuk meredakan sakit gigi juga dapat anda lakukan dengan mengompres pipi anda dengan es, taruh es batu pada kain atau handuk kemudian tempelkan pada pipi area sakit anda.

Cara cara diatas dapat anda lakukan untuk meredakan sakit gigi yang anda alami, namun apabila sakit gigi tidak reda dan terus berlanjut segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply